Contoh Soal Tes Seleksi PPPK 2021 Terbaru Tentang Teknins Kompetensi Teknis Guru



Berdasarkan hasil rapat Koordinasi PPPK Tahun 2021 yang dilakukan di Denpasar,Bali pada tanggal 10 hingga 12 Desember 2020 kemarin diperoleh hasil mengenai Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 terkait Materi Soal Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 yang meliputi :

  • Kompetensi Teknis sesuai dengan mata pelajaran dengan banyaknya soal yaitu 50 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit dengan bobot soal 60%.
  • Kompetensi Manajerial banyaknya soal yaitu sekitar 30 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 325 menit dengan bobot 40%. 
  • Kompetensi Bakat Skolastik yang biasa dikenal dengan Tes Penalaran, banyaknya soal yaitu 40 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit.
  • Kompetensi Sosial Kultural (Sosio-Kultural) banyaknya soal yaitu 20 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 15 menit.
  • Terakahir yaitu Tes Wawancara dengan banyaknya jumlah soal yaitu 10 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 10 menit.

Dari beberapa kompetensi tersebut dapat diketahui bahwa pelaksanaan Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 memerlukan persiapan yang maksimal karena dapat dilihat jumlah keseluruhan soal yang harus dikerjakan dan waktu yang tersedia adalah 150 soal dalam waktu 170 menit atau sekitar 2 jam 50 menit.

Untuk menyikapi perihal tersebut, maka kami menyediakan alternatif yang dapat digunakan sebagai bahan persiapan menyambut proses Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 nanti dengan beberapa kumpulan Contoh Soal Tes Seleki PPPK Tahun 2021 Tentang Kompetensi Teknis Guru Terbaru karena bobot persentase Kompetensi Teknis lebih dari 50% dari jumlah soal Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 .

Kompetensi Teknis Guru menjadi salah satu kompetensi yang wajib dimiliki dan juga dikuasai oleh semua orang yang berprofesi sebagai guru. Hal ini juga yang menjadi pembeda profesi guru dengan profesi lain diluar dari Pendidikan. Kompetensi ini juga menjadi penentu tingkat keberhasilan proses hingga hasil dari kegiatan pembelajaran dengan peserta didik di Lembaga Satuan Pendidikan, baik di Pendidikan SD, SMP, SMA maupun Pendidikan SMK.

Kompetensi Teknis Guru ini juga didapatkan karena adanya upaya belajar yang dilakukan secara sistematis dan terus menerus, proses tersebut dilakukan baik ketika mengikuti Pendidikan Calon Guru (Prajabatan) maupun ketika selama menjadi guru (Dalam Jabatan) sesuai potensi keguruan, minat dan bakat yang dimiliki oleh masing-masing guru.

Terkait perihal dengan Contoh Soal Tes Seleksi PPPK 2021 Tentang kompetensi Teknis Guru Terbaru, Berikut ini kami rangkum beberapa Kompetensi Teknis Guru Terbaru yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh semua guru.

  1. Guru dapat Mengembangkan Kurikulum Pendidikan yang ada di Satuan Lembaga Pendidikan.
  2. Guru dapat Menciptakan Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik dan Mampu Memberikan Pengalaman Belajar dengan Baik kepada Peserta Didik
  3. Guru dapat Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik.
  4. Guru dapat Menguasai Karakteristik Peserta Didik.


Contoh Soal Tes Seleksi PPPK 2021 Terbaru Tentang Teknins Kompetensi Teknis Guru

1.      Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali .

A.    Mendorong speserta didik untuk membuat keputusan sendiri

B.    Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan

C.    Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan

D.    Memasukan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya

E.     Menjadi Fasilitator dalam proses pembelajaran

 

2.      Kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan .

A.    Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

B.    Standar Batasan Minimum Kelulusan

C.    Ambang Batas Minimum Lulus

D.    Nilai Ketuntasan Minimal

E.    Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

 

3.      Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu obyek peserta didik .

A.    Afektif

B.    Kognitif

C.    Psikomotorik

D.    Emotif

E.     Sensitif

 

4.      Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut .

A.    Kompetensi Dasar

B.    Standar Kompetensi

C.    Indikator

D.    Kompetensi Lulusan

E.     Kecakapan Hidup

 

5.      Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kecuali .

A.    Memperhatikan perbedaan individu

B.    Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C.    Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

D.    Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

E.    Keterkaitan dan keterpaduan isi dan silabus

 

6.      Yang tidak termasuk dalam beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional adalah .

A.    Kompetensi Pedagogik

B.    Kompetensi Kepribadian

C.    Kompetensi Profesional

D.    Kompetensi Sosial

E.    Kompetensi Keahlian


7.      Komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri atas beberapa hal berikut ini, kecuali .

A.    Identitas mata pelajaran

B.    Standar Kompetensi

C.    Kompetensi Dasar

D.    Kompetensi Peserta Didik

E.     Kegiatan Pembelajaran

 

8.      Berikut ini adalah beberapa inovasi pendidikan yang pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali .

A.    Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)

B.    Guru Pamong

C.    Sistem Belajar Jarak Jauh

D.    Sekolah Mandiri

E.     Sekolah Kecil

 

9.      Undang-undang yang mengatur tentang system Pendidikan nasional adalah .

A.    Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003

B.    Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2003

C.    Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003

D.    Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003

E.     Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2003

 

10.  Peraturan Menteri Pendidikan nomor 20 Tahun 2007 mengatur tentang .

A.    Standar Penilaian Pendidikan

B.    Standar proses belajar mengajar

C.    Penilaian berbasis kelas

D.    Sertifikasi Guru

E.     Guru dan Dosen

 

11.  Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan dalam .

A.    Bab II pasal 3 UU Guru dan dosen No. 14 Tahun 2005

B.    Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 4 Tahun 2005

C.    Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 20 Tahun 2005

D.    Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005

E.     Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005

 

12.  Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen maupun guru sesuai UU Guru dan Dosen adalah sebagai berikut, kecuali .

A.    Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealism

B.    Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu Pendidikan, keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.

C.    Mampu mengenal karakteristik setiap peserta didik di sekolah maupun setiap mahasiswa pada perguruan tinggi.

D.    Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang Pendidikan sesuai dengan bidang tugas

E.     Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas


13.  Yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen adalah .

A.    Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan mengabdi kepada masyarakat.

B.    Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan social.

C.    Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi.

D.    Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual

E.     Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan penentuan kelulusan peserta didiknya.

 

14.  Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah .

A.    Evaluasi hasil implementasi kurikulum

B.    Evaluasi implementasi kurikulum

C.    Evaluasi dokumen kurikulum

D.    Evaluasi reflektif

E.    Evaluasi komprehensif

 

15.  Berikut ini merupakan permasalahan dalam Pendidikan yang mendasar, kecuali

.

A.    Mahalnya biaya Pendidikan

B.    Korupsi dana Pendidikan

C.    Kurangnya minat masyarakat akan Pendidikan

D.    Kurangnya fasilitas Pendidikan

E.     Diskriminasi Status Guru

 

16.  Agar peserta didik bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang akan digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S R haruslah .

A.    Berwarna Ggelap

B.    Seminimal mungkin

C.    Berwarna warni

D.    Semaksimal mungkin

E.     Berwarna cerah

 

17.  Dibawah ini merupakan contoh akan adanya dampak dari keyakinan pada kemampuan diri seorang peserta didik, yaitu .

A.    Andi dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua.

B.    Budi merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.

C.    Carlos merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru

D.    Dendi menangis setelah berantem dengan agus untuk berebut mengerjakan tugas.

E.     Erni malu bertanya Ketika mendapatkan kesulitan memecahkan permasalahan soal yang diberikan guru.


18.  Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegensi, ada langkah-langkah yang dapat digunakan antara lain .

A.    Membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran

B.    Mengkaji Kembali apa yang telah dipelajari oleh peserta didik

C.    Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki peserta didik.

D.    Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan

E.     Memberikan fasilitas sederhana sebagai penunjang kecerdasan peserta didik.

 

19.  Kegiatan berikut ini yang merupakan salah satu cara untuk mengaktifkan indra peserta didik agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu .

A.    Peserta didik berolahraga di lapangan terbuka.

B.    Guru memberi hadiah kepada peserta didik berprestasi

C.    Peserta didik diajak berkarya wisata

D.    Peserta didik belajar diruang laboratorium Bahasa

E.     Peserta didik berwisata di alam terbuka

 

20.  Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah ataupun pujian kepaada peserta didik yang berhasil menjawab atau menyelesaikan sebuah soal. Dalam perihal ini guru menerapkan teori belajar

A.    Clasical Conditioning

B.    Connectionesm

C.    Behaviorism

D.    Operant Conditioning

E.     Problem Solving

 

21.  Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan ataupun merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apakah yang dapat dilakukan oleh guru tersebut pada tahapan pengembangan ?

A.    Kurikulum

B.    Kerangka pembelajaran

C.    Sistem Pembelajaran

D.    Rencana Pembelajaran

E.     Evaluasi Pembelajaran

 

22.  Alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan efektif peserta didik adalah .

A.    Tes obyektif

B.    Tes berupa angket

C.    Tes kemampuan gerak

D.    Tes kemampuan fungsional otot tubuh

E.     Tes Psikomotorik anak


23.  Langkah pertama untuk mencari nilai rata-rata untuk data yang tidak dikelompokan dapat dilakukan dengan .

A.    Menjumlahkan data nilai yang diperoleh

B.    Menentukan jumlah keseluruhan pada data yang diperoleh

C.    Menentukan nilai rata-rata dengan pendekatan rumus

D.    Mencari nilai tertinggi dan terendah data yang diperoleh

E.     Menentukan rentangskor nilai tertinggi dikurangi skor nilai terendah

 

24.  Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal adalah .

A.    Mampu beradaptasi dengan lingkungan belajar

B.    Mampu bermain dalam kelompok

C.    Mudah berkonsentrasi

D.    Mampu menjadi pemimpin

E.     Peka terhadap teman

 

25.  Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar .

A.    Insight

B.    Behaviorisme

C.    Kogniitif

D.    Conditioning

E.     Connectionism

  

0 komentar:

Posting Komentar