Berdasarkan hasil rapat Koordinasi PPPK Tahun 2021 yang dilakukan di Denpasar,Bali pada tanggal 10 hingga 12 Desember 2020 kemarin diperoleh hasil mengenai Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 terkait Materi Soal Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 yang meliputi :
- Kompetensi Teknis sesuai dengan mata pelajaran dengan banyaknya soal yaitu 50 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit dengan bobot soal 60%.
- Kompetensi Manajerial banyaknya soal yaitu sekitar 30 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 325 menit dengan bobot 40%.
- Kompetensi Bakat Skolastik yang biasa dikenal dengan Tes Penalaran, banyaknya soal yaitu 40 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit.
- Kompetensi Sosial Kultural (Sosio-Kultural) banyaknya soal yaitu 20 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 15 menit.
- Terakahir yaitu Tes Wawancara dengan banyaknya jumlah soal yaitu 10 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 10 menit.
Untuk menyikapi perihal tersebut, maka kami menyediakan alternatif yang dapat digunakan sebagai bahan persiapan menyambut proses Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 nanti dengan beberapa kumpulan Contoh Soal Tes Seleki PPPK Tahun 2021 Tentang Kompetensi Teknis Guru Terbaru karena bobot persentase Kompetensi Teknis lebih dari 50% dari jumlah soal Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 .
Kompetensi Teknis Guru menjadi salah satu kompetensi yang wajib dimiliki dan juga dikuasai oleh semua orang yang berprofesi sebagai guru. Hal ini juga yang menjadi pembeda profesi guru dengan profesi lain diluar dari Pendidikan. Kompetensi ini juga menjadi penentu tingkat keberhasilan proses hingga hasil dari kegiatan pembelajaran dengan peserta didik di Lembaga Satuan Pendidikan, baik di Pendidikan SD, SMP, SMA maupun Pendidikan SMK.
Kompetensi Teknis Guru ini juga didapatkan karena adanya upaya belajar yang dilakukan secara sistematis dan terus menerus, proses tersebut dilakukan baik ketika mengikuti Pendidikan Calon Guru (Prajabatan) maupun ketika selama menjadi guru (Dalam Jabatan) sesuai potensi keguruan, minat dan bakat yang dimiliki oleh masing-masing guru.
Terkait perihal dengan Contoh Soal Tes Seleksi PPPK 2021 Tentang kompetensi Teknis Guru Terbaru, Berikut ini kami rangkum beberapa Kompetensi Teknis Guru Terbaru yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh semua guru.
- Guru dapat Mengembangkan Kurikulum Pendidikan yang ada di Satuan Lembaga Pendidikan.
- Guru dapat Menciptakan Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik dan Mampu Memberikan Pengalaman Belajar dengan Baik kepada Peserta Didik
- Guru dapat Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik.
- Guru dapat Menguasai Karakteristik Peserta Didik.
Contoh Soal
Tes Seleksi PPPK
2021 Terbaru Tentang Teknins Kompetensi Teknis Guru
1.
Dalam proses
pembelajaran, agar proses
pembelajaran dapat berjalan
dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut,
kecuali ….
A.
Mendorong speserta didik
untuk membuat keputusan sendiri
B.
Memberi balikan dan
pengayaan sebagaimana diperlukan
C.
Mengusahakan suasana
belajar yang menyenangkan
D.
Memasukan unsur yang tidak
diperkirakan sebelumnya
E.
Menjadi Fasilitator dalam
proses pembelajaran
2.
Kriteria atau
acuan dan pedoman
dasar dalam menentukan pencapaian minimal
hasil belajar peserta didik dinamakan ….
A.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B.
Standar Batasan Minimum Kelulusan
C.
Ambang Batas Minimum Lulus
D.
Nilai Ketuntasan Minimal
E.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
3.
Aspek yang
berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap
suatu obyek peserta didik ….
A.
Afektif
B.
Kognitif
C.
Psikomotorik
D.
Emotif
E.
Sensitif
4.
Kemampuan yang
dapat dilakukan atau ditampilkan untuk
suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata
pelajaran tertentu harus
dimiliki oleh peserta didik disebut ….
A.
Kompetensi Dasar
B.
Standar Kompetensi
C.
Indikator
D.
Kompetensi Lulusan
E.
Kecakapan Hidup
5.
Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kecuali ….
A.
Memperhatikan perbedaan individu
B.
Mendorong partisipasi aktif
peserta didik
C.
Memberikan umpan balik dan
tindak lanjut
D.
Menerapkan teknologi
informasi dan komunikasi
E.
Keterkaitan dan keterpaduan
isi dan silabus
6.
Yang tidak
termasuk dalam beberapa kompetensi yang harus
dimiliki oleh guru professional adalah ….
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Profesional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Keahlian
7.
Komponen Rencana
Pelaksanaan pembelajaran (RPP)
terdiri atas beberapa hal berikut ini, kecuali ….
A. Identitas
mata pelajaran
B.
Standar Kompetensi
C.
Kompetensi Dasar
D.
Kompetensi Peserta Didik
E.
Kegiatan Pembelajaran
8.
Berikut ini adalah beberapa
inovasi pendidikan yang
pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali ….
A.
Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
B.
Guru Pamong
C.
Sistem Belajar Jarak Jauh
D.
Sekolah Mandiri
E.
Sekolah Kecil
9.
Undang-undang yang mengatur tentang
system Pendidikan nasional adalah ….
A.
Undang-undang RI Nomor 9
Tahun 2003
B.
Undang-undang RI Nomor 11
Tahun 2003
C.
Undang-undang RI Nomor 20
Tahun 2003
D.
Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003
E.
Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2003
10. Peraturan Menteri
Pendidikan nomor 20 Tahun 2007 mengatur tentang
….
A.
Standar Penilaian Pendidikan
B.
Standar proses belajar mengajar
C.
Penilaian berbasis kelas
D.
Sertifikasi Guru
E.
Guru dan Dosen
11. Kedudukan dosen sebagai tenaga
profesional ditetapkan dalam ….
A.
Bab II pasal 3 UU Guru dan
dosen No. 14 Tahun 2005
B.
Bab II pasal 2 UU Guru dan
Dosen No. 4 Tahun 2005
C.
Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 20 Tahun 2005
D.
Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005
E.
Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005
12. Prinsip profesionalitas yang
harus dimiliki dosen
maupun guru sesuai
UU Guru dan Dosen adalah
sebagai berikut, kecuali ….
A.
Memiliki bakat, minat,
panggilan jiwa, dan idealism
B.
Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu Pendidikan, keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.
C. Mampu mengenal karakteristik setiap peserta didik di sekolah maupun setiap mahasiswa pada
perguruan tinggi.
D.
Memiliki kualifikasi akademik
dan latar belakang
Pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang
tugas
13. Yang termasuk
kewajiban seorang guru dan dosen adalah ….
A. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan mengabdi kepada masyarakat.
B.
Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum
dan jaminan kesejahteraan social.
C. Mendapatkan promosi
dan penghargaan sesuai
dengan tugas dan prestasi.
D.
Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual
E.
Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan penentuan kelulusan peserta didiknya.
14. Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum
adalah ….
A.
Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B.
Evaluasi implementasi kurikulum
C.
Evaluasi dokumen kurikulum
D.
Evaluasi reflektif
E.
Evaluasi komprehensif
15. Berikut ini
merupakan permasalahan dalam
Pendidikan yang mendasar, kecuali
….
A.
Mahalnya biaya Pendidikan
B.
Korupsi dana Pendidikan
C.
Kurangnya minat masyarakat
akan Pendidikan
D.
Kurangnya fasilitas Pendidikan
E.
Diskriminasi Status Guru
16. Agar peserta didik
bereaksi terhadap materi
yang kita berikan, maka gambar yang akan
digunakan sebagai media
pembelajaran dalam proses
belajar S – R haruslah ….
A.
Berwarna Ggelap
B.
Seminimal mungkin
C.
Berwarna warni
D.
Semaksimal mungkin
E.
Berwarna cerah
17. Dibawah ini merupakan contoh akan adanya
dampak dari keyakinan pada kemampuan diri seorang peserta didik, yaitu ….
A.
Andi dapat menyelesaikan tugasnya
dengan bantuan orang tua.
B.
Budi merasakan sakit perut
karena akan mengikuti tes.
C.
Carlos merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru
D.
Dendi menangis
setelah berantem dengan
agus untuk berebut
mengerjakan tugas.
E.
Erni malu bertanya Ketika
mendapatkan kesulitan memecahkan permasalahan soal yang
diberikan guru.
18. Dalam menerapkan strategi pembelajaran
berbasis multiple intelegensi, ada langkah-langkah
yang dapat digunakan antara lain ….
A. Membuat
kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran
B.
Mengkaji Kembali
apa yang telah dipelajari oleh peserta didik
C.
Memberdayakan semua
intelegensi yang dimiliki peserta didik.
D.
Menyediakan fasilitas
yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan
E.
Memberikan fasilitas sederhana sebagai penunjang kecerdasan peserta didik.
19. Kegiatan berikut ini yang merupakan salah satu cara
untuk mengaktifkan indra peserta didik agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ….
A.
Peserta didik berolahraga
di lapangan terbuka.
B.
Guru memberi hadiah kepada
peserta didik berprestasi
C.
Peserta didik diajak
berkarya wisata
D.
Peserta didik belajar
diruang laboratorium Bahasa
E.
Peserta didik berwisata di
alam terbuka
20. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah
ataupun pujian kepaada
peserta didik yang berhasil
menjawab atau menyelesaikan sebuah soal. Dalam
perihal ini guru menerapkan teori belajar
A. Clasical Conditioning
B.
Connectionesm
C.
Behaviorism
D.
Operant Conditioning
E.
Problem Solving
21. Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya
adalah guru menetapkan ataupun merumuskan tujuan untuk mengukur
keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apakah
yang dapat dilakukan oleh guru tersebut pada tahapan pengembangan ?
A. Kurikulum
B.
Kerangka pembelajaran
C.
Sistem Pembelajaran
D.
Rencana Pembelajaran
E.
Evaluasi Pembelajaran
22. Alat ukur yang
dapat digunakan untuk
mengukur kemampuan efektif
peserta didik adalah ….
A.
Tes obyektif
B.
Tes berupa angket
C.
Tes kemampuan gerak
D.
Tes kemampuan fungsional
otot tubuh
E.
Tes Psikomotorik anak
23. Langkah pertama untuk
mencari nilai rata-rata untuk data yang
tidak dikelompokan dapat dilakukan dengan ….
A. Menjumlahkan
data nilai yang diperoleh
B.
Menentukan jumlah
keseluruhan pada data yang diperoleh
C.
Menentukan nilai rata-rata
dengan pendekatan rumus
D.
Mencari nilai
tertinggi dan terendah
data yang diperoleh
E.
Menentukan rentangskor nilai tertinggi dikurangi
skor nilai terendah
24. Yang tidak
termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal adalah
….
A.
Mampu beradaptasi dengan
lingkungan belajar
B.
Mampu bermain dalam kelompok
C.
Mudah berkonsentrasi
D.
Mampu menjadi pemimpin
E.
Peka terhadap teman
25. Suatu teori belajar
dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar
secara ilmiah. Ini merupakan tujuan
dari teori belajar
….
A.
Insight
B.
Behaviorisme
C.
Kogniitif
D.
Conditioning
E.
Connectionism
0 komentar:
Posting Komentar