Pada
laman ini akan dibagikan informasi mengenai 25 soal/kuis dan jawaban Tes Awal
Bimtek Guru Belajar Seri Inklusif sebagai bahan belajar bagi peserta yang belum
mengikuti.
1.
Question
Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan
asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerjasama dengan
teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya.
Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan
jenis hambatan …"
Tunanetra
Tunarungu
Tunagrahita
Tunadaksa
Spektrum Autisme
2. Question
"Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau
menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan
khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus
menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan…"
Inklusif
Reguler
Khusus
Segregasi
Integrasi
3. Question
"Kemampuan pengetahuan tentang berbagai
jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental,
intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk …."
menganalisis peserta didik
mengasesmen peserta didik
mengidentifikasi peserta didik
memberikan label terhadap peserta didik
mendiagnosa peserta didik
4. Question
"Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu
yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut kegiatan…."
identifikasi
klasifikasi
monitoring
diagnose
asesmen
5. Question
"Penataan ruang kelas harus memungkinkan
anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan
secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip
penataan ruang inklusif, yaitu…"
prinsip berpusat pada anak (Child Centered)
prinsip learning centers (pembagian Zona)
prinsip menarik dan menantang
prinsip estetis
prinsip daya guna
6. Question
"Salah satu tujuan planning matrix adalah
…"
mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik
memetakan kondisi aktual PDBK
menemukenali dan menandai peserta didik.
membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus
mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara peserta didik
berkebutuhan khusus.
7. Question
"Proses menemukenali peserta didik sebelum
yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian dari…"
asesmen
screening
klasifikasi
identifikasi
referral
8. Question
"Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung
pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar
(KD) dan indikator adalah…."
materi
tujuan
proses
evaluasi
media pembelajaran
9. Question
"Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi
di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan
dalam konteks ini adalah…"
mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang profesional.
menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat.
menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gajala tertentu.
mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua
mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus.
10. Question
"Penggantian kurikulum karena tidak mungkin
dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum
model adaptasi seperti ini adalah…"
modifikasi
duplikasi
substitusi
omisi
eskalasi
11. Question
"PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas
regular karena kemampuan intelektualnya, dapat digunakan program…."
Program Pembelajaran Individual (PPI)
pembelajaran berkelompok
pembelajaran home schooling
pembelajaran remedial
pembelajaran fleksibel
12. Question
"Di bawah ini informasi berharga yang
didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …
"
preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta
didik
lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik tinggal
dukungan dan hambatan peserta didik
hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
riwayat tumbuh kembang
13. Question
"Manakah pernyataan di bawah ini yang paling
tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?"
Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang
mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada
di sekolah atau di kelasnya.
Guru membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
14. Question
"Kegiatan yang dilakukan setelah
mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program disebut
kegiatan…."
asesmen
klasifikasi
diagnosa
identifikasi
monitoring
15. Question
"Manakah pernyataan di bawah ini yang paling
tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik?"
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima
perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan
sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan
peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan
peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta
didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta
didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya
mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
15. Question
"Alat identifikasi diperlukan untuk
menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses
identikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak
yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:"
riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali
anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil kesehatan anak.
Riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
kemampuan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak;
dan informasi profil hambatan anak.
17. Question
"Orangtua Fina memiliki latar belakang
pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang
membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan
orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …"
keterbatasan logistik
keterbatasan latar belakang pendidikan
kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua
perkembangan bahasa
masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah pendidikan
18. Question
" Manakah pernyataan di bawah ini yang
paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?"
Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik
berkebutuhan khusus.
Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami
perbedaan dengan peserta didik lainnya.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada
di sekolah atau di kelasnya.
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
19. Question
"Guru di sekolah inklusif yang memiliki
peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan
layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa
…"
kestabilan emosi
kemampuan berperilaku adaptif
kemampuan Activity Dailly Living
kemampuan berbahasa dan berkomunikasi
kemampuan mobilitas
20. Question
" Dalam pembelajaran di kelas, guru
melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai
kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak
berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep
…"
to Work
to Play
to live
to Love
to Learn
21. Question
" Sebuah desain harus dapat mengakomodir
beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut
merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan
prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu…"
prinsip dapat digunakan oleh semua orang
prinsip fleksibel dalam penggunaannya
prinsip mudah digunakan
prinsip informasi penggunaan yang jelas
prinsip toleransi untuk kesalahan
22. Question
"Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang
dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya
atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu.
Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …"
Handicapped
Disability
Impairment
Under Achievment
Under Actuality
23. Question
"Alat identifikasi diperlukan untuk
menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses
identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak
yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah…."
riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan
orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak.
riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil kesehatan anak.
riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
kemampuan anak.
24. Question
"Pelaksanaan proses belajar mengajar di
kelas secara umum sama dengan kegiatan proses belajar mengajar pada kelas
reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula Peserta Didik
Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam
mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip
khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan
definisi penempatan peserta didik berkebutuhan khusus di…"
kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian
kelas reguler (inklusi penuh)
kelas reguler dengan cluster
kelas reguler dengan cluster dan pull out
kelas khusus penuh
25. Question
"Kemampuan pengetahuan tentang berbagai
jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental,
intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk…."
Memberikan label terhadap peserta didik
Mengasesmen peserta didik
Menganalisa peserta didik
Mengidentifikasi peserta didik
Mendiagnosa peserta didik
0 komentar:
Posting Komentar