Penilaian Awal Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Pelajaran 2 Synchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi Penilaian Awal
Kerjakanlah kuis pra asesmen ini. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).
Tidak perlu kuatir dengan skor yang anda akan peroleh. Namun demikian, perhatikan baik-baik kata-kata kunci yang muncul dalam pertanyaan-pertanyaannya. Kata-kata kunci ini akan kembali anda temui di sesi Webinar. Peka dengan kata-kata kunci tersebu
t sebelum mengikuti Webinar akan menguatkan proses dan hasil belajar anda.
Apa itu berpikir kritis?
Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain
Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat
Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu
pernyataan.
Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.
Apa produk berpikir kritis?
Konsep
Gagasan baru
Penilaian dan keyakinan
Solusi
Apa peran berpikir kritis dalam praktik elearning?
A. Berpikir kritis adalah prasyarat student-centered
learning.
B. Student-centered learning adalah prasyarat elearning
yang efektif
A dan B benar
A dan B salah.
Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?
SSSP adalah praktik berpikir kritis.
SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.
SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.
Semua jawaban benar
Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
Observasi
Insight
Emosi
Ingatan
Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
Observasi
Insight
Emosi
Ingatan
Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis
Setiap orang terampil berpikir kritis
Setiap orang mampu berpikir kritis
Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis
Semua jawaban benar.
Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi
ajar
Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid
Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)
Semua jawaban benar
Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?
Topik pelajaran
LIrik lagu pop
Alur cerita film fiksi sains
Semua jawaban benar.
Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu
cepat.
Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan
JIka terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak
juga insight yang saya dapat
Semua benar
0 komentar:
Posting Komentar